14 Tip Cepat untuk Menemukan Pekerjaan Baru

14 Tip Cepat untuk Menemukan Pekerjaan Baru

Kali ini, Kami Team Siherbal akan membahas mengenai 14 tips cepat untuk menemukan pekerjaan baru.

Kecuali, Anda adalah salah satu dari sedikit orang yang beruntung yang bekerja dalam karier yang banyak diminati, mencari pekerjaan baru bisa menjadi pengalaman yang menantang dan membuat frustrasi.

Anda dapat membuat pencarian kerja sedikit lebih mudah bagi diri Anda sendiri jika Anda menggunakan strategi proaktif untuk mencari pekerjaan baru – dan tip untuk mencari pekerjaan baru yang disertakan dalam artikel ini berlaku untuk semua pencari kerja, dari mereka yang baru memulai hingga kandidat berpengalaman yang butuh penyegaran cepat.

Berikut adalah beberapa tip terbaik saya untuk mencari pekerjaan baru di tingkat karier apa pun.

1. Perjelas apa yang Anda inginkan

Perjelas apa yang Anda inginkan

Sebelum memulai pencarian kerja, luangkan waktu untuk merefleksikan kekuatan dan kelemahan Anda dan jenis pekerjaan yang Anda sukai.

Semakin baik Anda mengenal diri sendiri, semakin besar kemungkinan Anda akan menemukan pekerjaan baru yang memberi Anda kepuasan lebih besar.

Apa yang Anda inginkan dalam suatu pekerjaan? Apa yang paling penting, gelar, uang, promosi, pekerjaan itu sendiri, lokasi, atau budaya perusahaan?

2. Riset Perusahaan Target Anda

Riset Perusahaan Target Anda

Setelah Anda mengetahui apa yang Anda inginkan, inilah saatnya untuk mencari tahu apa yang diinginkan oleh perusahaan yang Anda lamar.

Tip bagus untuk menemukan pekerjaan baru adalah dengan menyelidiki halaman Glassdoor perusahaan.

Ini akan membantu Anda merasakan budaya perusahaan mereka, mencari tahu pertanyaan apa yang biasa mereka tanyakan dalam wawancara, dan bahkan menemukan gaji apa yang kemungkinan besar akan Anda terima.

Resume Anda masih menjadi salah satu alat paling penting dalam pencarian pekerjaan.

Salah satu tip terbaik kami untuk mencari pekerjaan baru adalah memiliki resume berorientasi prestasi yang mencakup pencapaian terukur yang relevan dengan pekerjaan yang Anda lamar.

3. Sesuaikan resume Anda dengan setiap pekerjaan

Sesuaikan resume Anda dengan setiap pekerjaan

Resume Anda masih menjadi salah satu alat paling penting dalam pencarian pekerjaan.

Banyak resume yang kami lihat penuh dengan tanggung jawab (bukan pencapaian yang nyata) dan pencari kerja mengirim resume yang sama ke berbagai lowongan.

Salah satu tip terbaik kami untuk mencari pekerjaan baru adalah memiliki resume berorientasi prestasi yang mencakup pencapaian terukur yang relevan dengan pekerjaan yang Anda lamar.

Jadikan diri Anda orang yang cocok.

Mempelajari kata dan frasa yang digunakan dalam deskripsi pekerjaan.

Pastikan Anda memasukkannya dalam resume Anda (asalkan Anda memiliki pengalaman itu, tentu saja).

Sesuaikan resume Anda dengan setiap pekerjaan – perekrut harus tahu dalam beberapa detik setelah melihat resume Anda bahwa Anda memiliki keterampilan yang mereka cari.

Catatan editor: Anda dapat menyesuaikan resume Anda, atau membuat yang baru dari awal, menggunakan pembuat resume gratis LiveCareer.

4. Buat merek karier online Anda

Buat merek karier online Anda

Membangun merek Anda berarti menunjukkan keahlian dan minat Anda secara online di mana pemberi kerja yang menelusuri Web dapat menemukannya.

Sebagian besar perekrut, termasuk saya, menggunakan LinkedIn sebagai alat pencarian utama mereka dan jika Anda seorang profesional, Anda harus menggunakan LinkedIn untuk keuntungan Anda sepenuhnya.

Ini adalah sumber yang bagus untuk menemukan orang yang bekerja di perusahaan yang Anda minati dan juga untuk memposisikan diri Anda agar ditemukan oleh perekrut dan manajer perekrutan dengan lowongan yang relevan.

5. Bersikaplah teratur

Bersikaplah teratur

Sebelum Anda mulai melamar pekerjaan atau wawancara dengan pemberi kerja, luangkan waktu sejenak untuk mengembangkan sistem yang sesuai untuk Anda dalam mengatur pencarian kerja Anda.

Spreadsheet sederhana paling cocok untuk banyak orang untuk melacak pekerjaan yang telah Anda lamar, di mana Anda diundang untuk wawancara, dll.

6. Bangun, kembangkan, dan manfaatkan jaringan kontak Anda

Bangun, kembangkan, dan manfaatkan jaringan kontak Anda

Untuk sebagian besar pencari kerja, jaringan kontak yang besar dan kuat – orang yang mengenal Anda dan ingin membantu Anda menemukan prospek kerja – menghasilkan lebih banyak peluang kerja. Jaringan – secara langsung dan online – sangat penting untuk kesuksesan Anda dalam pencarian kerja.

Ini juga membantu Anda mendapatkan ide bagus tentang apa yang ada di luar sana dan tersedia, sehingga Anda bisa lebih strategis dalam mencari pekerjaan.

Jangan takut untuk menjangkau orang-orang di LinkedIn, dan jika Anda mengenal seseorang yang bekerja di perusahaan yang menarik minat Anda, mintalah referensi.

Manajer perekrutan lebih suka mewawancarai orang-orang yang datang direkomendasikan sebelum memilah-milah resume yang datang melalui situs web karier.

7. Jangan membatasi diri Anda pada aplikasi online

Jangan membatasi diri Anda pada aplikasi online

Jika Anda hanya mengandalkan mengirimkan lamaran online, Anda bisa saja mencari pekerjaan untuk waktu yang sangat lama.

Pada saat Anda melamar, perusahaan mungkin sudah dalam tahap wawancara terakhir, atau pekerjaan tersebut mungkin sudah terisi.

Jika memungkinkan selalu ikuti update website lowongan kerja agar tidak tertinggal info lowker terbaru.

Hubungi perusahaan yang menarik minat Anda secara langsung – Anda mungkin menghubungi perekrut internal atau menjadwalkan wawancara informasional dengan orang-orang yang bekerja di perusahaan tersebut.

Idealnya, Anda ingin dikenal oleh orang-orang yang mungkin memengaruhi Anda untuk melangkah maju.

8. Bertujuan untuk menyelesaikan beberapa tujuan yang berhubungan dengan pekerjaan setiap hari

Bertujuan untuk menyelesaikan beberapa tujuan yang berhubungan dengan pekerjaan setiap hari

Butuh banyak waktu dan upaya untuk mencari pekerjaan baru.

Dalam pencarian kerja yang panjang, mudah untuk berkecil hati dan teralihkan, tetapi dengan berfokus pada pencapaian tujuan harian Anda dapat memotivasi diri sendiri sekaligus membangun fondasi untuk sukses.

9. Bersikaplah baik pada diri sendiri

Bersikaplah baik pada diri sendiri

Mencari pekerjaan bisa membuat stres.

Jadi, luangkan waktu untuk bermeditasi, berolahraga, menonton film atau apa pun yang membantu Anda melepas lelah.

Ciptakan jaringan dukungan yang baik – meminta orang-orang untuk bertukar pikiran atau melampiaskan rasa frustrasi Anda akan membantu proses menjadi lebih ringan.

10. Kembangkan contoh dan cerita yang menunjukkan keahlian Anda

Kembangkan contoh dan cerita yang menunjukkan keahlian Anda

Ini adalah salah satu tip utama untuk mencari pekerjaan baru.

Orang-orang mengingat cerita, jadi tujuan Anda harus mengembangkan serangkaian cerita wawancara yang dapat Anda gunakan dalam pertemuan jaringan atau wawancara kerja yang dengan jelas menunjukkan keterampilan, pencapaian, dan hasrat Anda untuk pekerjaan Anda.

Jadilah berkesan! Menggunakan cerita (gunakan format STAR) juga dapat membantu Anda merasa lebih nyaman membicarakan diri sendiri.

11. Persiapkan untuk semua wawancara kerja

Persiapkan untuk semua wawancara kerja

Sebelum Anda dipanggil untuk wawancara pertama Anda, kembangkan tanggapan untuk pertanyaan wawancara umum, dan kemudian latih mereka – idealnya menggunakan teknik wawancara tiruan dengan seorang teman, kontak jaringan, atau pelatih wawancara.

Semakin Anda siap untuk wawancara, semakin nyaman Anda – dan semakin besar kemungkinan Anda akan berhasil.

Untuk sebagian besar pencari kerja, jaringan kontak yang besar dan kuat – orang yang mengenal Anda dan ingin membantu Anda menemukan prospek kerja – menghasilkan lebih banyak peluang kerja.

Jaringan – secara langsung dan online – sangat penting untuk kesuksesan Anda dalam pencarian kerja.

12. Tulis catatan terima kasih setelah wawancara kepada semua pewawancara

Tulis catatan terima kasih setelah wawancara kepada semua pewawancara

Catatan singkat (melalui email boleh saja) terima kasih yang menekankan minat Anda dan cocok dengan pekerjaan dan pemberi kerja tidak akan memberi Anda tawaran pekerjaan, tetapi ini akan membantu membuat Anda menonjol dari mayoritas pencari kerja yang tidak peduli dengan hal sederhana ini. tindakan kesopanan.

13. Lanjutkan menindaklanjuti dengan manajer perekrutan

Lanjutkan menindaklanjuti dengan manajer perekrutan

Pekerjaan Anda tidak selesai setelah wawancara selesai atau catatan terima kasih dikirim.

Menindaklanjuti dengan manajer perekrutan secara teratur menunjukkan minat dan antusiasme Anda untuk pekerjaan itu.

Kuncinya adalah melakukannya dengan cara yang profesional namun tidak membuat Anda terdengar menyebalkan atau membutuhkan.

14. Berharap pencarian kerja memakan waktu lebih lama dari yang Anda pikirkan

Berharap pencarian kerja memakan waktu lebih lama dari yang Anda pikirkan

Anda dapat berharap untuk memiliki pekerjaan baru dalam waktu singkat, tetapi kenyataannya mungkin perlu waktu berbulan-bulan untuk menemukan peluang yang tepat dan mendapatkan tawaran posisi tersebut.

Anda harus mempersiapkan diri secara mental untuk pertempuran yang panjang – dan kemudian Anda akan terkejut jika Anda adalah salah satu dari sedikit orang beruntung yang pencarian pekerjaannya singkat.

Shopping Cart